Halaman

Sabtu, 26 Januari 2013

Atom Bebas dan Ikatan Antar Atom

Sangat sukar untuk menemukan atom bebas selain unsur gas mulia karena  kebanyakan unsur-unsur (selain unsur gas mulia) ditemukan sudah berikatan satu dengan lain membentuk suatu molekul senyawa yang stabil. Misalnya atom-atom  : 

  1. Karbon dan oksgen  à  senyawa karbon dioksida  
  2. Hidrogen dan oksigen à  senyawa air  
  3. Karbon, oksigen dan hidrogen à  senyawa gula pasir
  4. Karbon, oksigen, hydrogen dan nitrogen  àsenyawa urea  
  5. Natrium, hidrogen, karbon dan oksigen  àsenyawa soda kue
Karena sifat kimia dan sifat fisika atom satu dengan atom lain berbeda maka perlu dibuatkan tempat unsur-unsur (sebuah tabel) yang kemudian dinamakan tabel periodik unsur. Unsur-unsur ditempatkan di tempat masing-masing berdasar kemiripan sifat kimia dan fisikanya.  Misalnya sifat fisika yang dilihat dari ujud materinya pada temperatur yang sama, apakah solid, liquid atau gas, reaktifitasnya atau kemudahan bereaksi dengan unsur sejenis atau unsur lain, kemudahan menjadi ion positip dan ion negatip, kemudahan menghantar radiasi panas dan arus listrik.  Oleh karena itu untuk lebih memahami reaksi secara utuh perlu dibahas tentang struktur atom.
 
STRUKTUR ATOM

Dari teori atom Dalton, atom telah dijadikan partikel utama yang terlibat dalam suatu reaksi. Penelitian lanjut tentang atom ternyata ditemukan bahwa atom masih tersusun oleh partikel-partikel yang lebih kecil lagi. Fenomena alam yang sangat sering terjadi adalah halilintar atau petir yang bergerak dari awan ke awan lain atau dari awan ke arah daratan dan kalau hlilintar itu meliwati pohon atau orang akibat  fatalnya dapat terjadi.  Loncatan elektron dari awan ke awan atau ke daratan yang melewati udara pada tekanan udara normalnya hanya bisa terjadi kalau beda potensialnya antara awan dan daratan  mencapai 200.0000 – 500.000 volt.

Tahun 1890 telah banyak ilmuwan mempelajari tentang radiasi yaitu emisi dan transmisi melalui ruang hampa dalam bentuk gelombang, misalnya radiasi sinar matahari. Bila dua batangan logam di beri beda tegangan listrik yang cukup besar, akan dihasilkan loncatan sinar dari kutup negatif atau katoda. Sinar yang keluar dari katoda dinamakan sinar katoda. Loncatan sinar/cahaya panas dari katoda juga dapat dilihat di peralatan las listrik. Ada fenomena pembelokan sinar katoda oleh medan magnit. Arah pembelokan gerakan sinar katoda memberikan ciri bahwa sinar katoda bermuatan negatip. 

1 komentar:

  1. All You Need to Know - 카지노 사이트
    카지노 사이트사이트사이트 - All 카지노 You Need to Know - 카지노 노사이트사이트사이트사이트 kirill-kondrashin

    BalasHapus