Halaman

Sabtu, 26 Januari 2013

Mengenal Unsur Atom dan Molekul Kimia

Semua orang memerlukan air untuk diminum baik orang di kota maupun di kampung. Artinya air dari mana saja sifat-sifatnya sama. Gula manis dan garam asin. Racun ular kobra yang ada di India, Sri Langka atau di Indonesia  dapat membunuh manusia. Jadi molekul yang berbeda seperti air, gula atau racun ular harus memiliki sifat fisika dan kimia yang khas. Emas berbeda dengan besi walaupun sama-sama logam yang dapat menghantar panas dan arus listrik, tetapi emas adalah logam yang tidak mudah berubah dalam waktu tahunan, dapat dibuat pipih dan harganya mahal sedang besi harganya murah dan mudah berkarat dalam waktu pendek. Arang dan karbit juga berbeda, arang tidak bereaksi dengan air tetapi karbit sangat mudah bereaksi dengan air yang menghasilkan gas yang dapat digunakan untuk memotong dan menyambung logam (mengelas). Kesimpulannya bahwa air, gula, garam dapur atau racun ular dari mana saja  sifat kimia dan fisika senyawanya sangat spesifik.

Di pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SLTP atau SMP telah dikenalkan senyawa kimia berikut rumus molekul senyawanya, seperti gas lemas atau karbon dioksida (CO2), air (H2O),  gula sederhana atau glukosa (C6H12O6) hasil reaksi fotosintesis di hijau daun antara CO2 dan H2O, gula pasir atau sukrosa (C12H22O11), garam dapur (NaCl), urea (NH2)2CO, logam emas (Au), seng (Zn), perak (Ag), tembaga (Cu), alumunium (Al) dan besi (Fe).   

Kalau diperhatikan rumus molekul gula pasir adalah C12H22O11, maka ada pemikiran bahwa C12H22O11 dapat disintesis dari C (karbon atau arang), gas hidrogen (H2) dan gas oksigen (O2), 
          
Senyawa kimia dapat diperoleh dari reaksi dua senyawa yang berbeda atau peruraian dari satu senyawa. Telah diceritakan bahwa

  1. Minyak kelapa ditambah soda menjadi sabun. Kemampuan membersihkan kotoran sangat berbeda. Minyak membuat pakaian lebih kotor dan soda akan merusak kain.
  2. Larutan garam dapur (NaCl) kalau dielektrolisis menjadi soda (NaOH) dan gas korin (Cl2). Elektrolisis adalah proses peruraian bahan kimia oleh arus listrik searah.
  3. Garam dapur(NaCl) sangat berguna dalam dunia kuliner, masakan apa saja NaCl selalu diperlukan. NaCl disintesis dari logam Na (sangat reaktif) dan gas Cl2 sangat beracun.
  4. Soda (NaOH) ditambah asam klorida (HCl) menjadi garam dapur (NaCl). Tidak mungkin mengasinkan sayuran dengan cara menambahkan  soda dan asam klorida ke dalam sayuran.
ATOM  
Materi atau bahan murni disusun oleh partikel kecil yang dinamakan atom. Atom dari kata Yunani atomos yang artinya tidak dapat dipotong atau dibelah menjadi bagian yang lebih kecil lagi.

Unsur logam dibelah/dipotong/diiris terus menerus

Pemikiran Dalton (Inggris) sangat sederhana “bila suatu unsur logam emas dipotong terus menerus, dari 1 kg menjadi ½ kg, dari 1 g menjadi ½ g dan  seterusnya, maka pemotongan logam itu akan berakhir pada bagian yang terkecil yang tidak dapat dipotong lagi”. Bagian yang paling terkecil yang sifat alami (sifat fisika dan kimia)-nya sama seperti bahan awal dinamakan atom.

Dengan demikian: Kalau logam dipotong/dibelah/diiris terus menerus,  maka untuk logam  
  1. Seng akan diperoleh atom seng, diberi lambang Zn (zinc).
  2. Perak akan diperoleh atom perak diberi lambang Ag (argentum).
  3. Besi akan diperoleh atom besi diberi lambang Fe (ferrum).
  4. Tembaga akan diperoleh atom tembaga diberi lambang Cu (cuprum).
  5. Alumunium akan diperoleh atom alumunium diberi lambang Al. 
Bahan murni dibelah/dipotong/diiris terus menerus.
Butiran gula pasir kalau seandainya dapat dibelah/dipotong/diiris terus menerus akhirnya diperoleh bagian terkecil yang dinamakan molekul dan sifat alaminya sama dengan bahan awalnya yaitu manis.

Kalau senyawa murni (bahan kimia) dibelah/diiris terus menerus, maka
  1. Untuk garam dapur akan diperoleh molekul garam dapur, lambang molekulnya adalah NaCl.
  2. Untuk urea akan diperoleh molekul urea, lambang molekulnya adalah (NH2)2CO
  3. Untuk gula pasir akan diperoleh molekul gula pasir, lambang molekulnya adalah C12H22O11.
  4. Untuk air yang dipanaskan akan diperoleh molekul air, lambang molekulnya adalah H2O
Dalton tentang atom dan molekul :
  1. Setiap materi tunggal (emas, perak, seng yang murni) disusun oleh partikel-partikel kecil yang dinamakan atom.
  2. Atom yang sama sifat fisika dan kimianya juga sama.
  3. Molekul disusun oleh dua atau lebih atom dengan perbandingan massa atau perbandingan jumlah atom-atom yang tetap melalui reaksi kimia.
  4. Reaksi kimia terdiri dari, penggabungan, pemisahan atau penataan ulang. Dalam suatu reaksi  tidak akan ada penciptakan atau pemusnahan materi.  Reaksi adalah perubahan suatu senyawa menjadi senyawa baru.
  5. Atom-atom emas akan menjadi logam emas dan atom-atom besi akan menjadi logam besi. Sifat emas dan besi sangat berbeda.
Atom adalah materi yang terkecil dari suatu bahan atau unsur, bermassa dan menempati ruang. Atom dengan atom (lain) dapat bereaksi membentuk molekul.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar