Halaman

Selasa, 18 Juni 2013

Reaksi Kimia Antar Bahan Atau Antar Senyawa

  • Di perut manusia dan binatang. Ular Anaconda dapat menelan bulat-bulat seekor babi hutan. Di perut ular, babi dihancurkan oleh bahan kimia yang disebut enzim atau cairan kelenjar lain.  Satu hal yang sangat mencengangkan adalah untuk merobek kulit atau memotong tanduk biasanya digunakan kampak atau pisau yang sangat tajam. Di perut manusia dan binatang tidak ada pisau  atau kampak, yang ada hanya bahan kimia yaitu enzim atau cairan kelenjar lain. 
  • Di pabrik pupuk urea. Reaksi gas nitrogen (komponen udara) dengan  gas hidrogen (komponen air) akan dihasilkan gas ammonia  (NH3).  Gas amonia bila direaksikan dengan gas karbon monoksida (CO, dari gas alam) akan dihasilkan pupuk urea, NH2)2CO  Di pabrik pupuk juga dihasilkan nitrogen cair dan padatan karbon dioksida (dry ice). Nitrogen cair dikirim ke perusahaan susu untuk membekukan susu yang kemudian air diuapkan, cairan susu akan menjadi serbuk susu (proses freezing dried). Padatan CO2 (temperatur – 190 oC) digunakan untuk mengawetkan es krim.
  • Di pabrik metanol di Kalimantan Timur. Bahan dasarnya gas alam dan oksigen. Metanol digunakan untuk bahan dasar formalin atau formaldehida dan formalin digunakan sebagai bahan dasar pembuatan lem kayu. Kalau metanol direaksikan dengan logam natrium kemudian direaksikan lanjut dengan dengan minyak jarak hasilnya adalah ester metilresinoleat sebagai bahan bakar  pengganti solar. Bahan tersebut  dinamakan biodisel atau biofuel. 
  • Di pabrik semen, di pabrik bahan plastik dll.
  • Di bak accu mobil. Pada waktu menghidupkan mesin mobil  ada reaksi kimia yang menghasilkan arus listrik yang digunakan untuk menggerakkan dinamo mesin mobil. Mengisi accu adalah arus listrik (sebagai energi)  untuk reaksi kimia di dalam accu.
  • Sakit perut atau sakit maag biasanya dianjurkan minum obat maag (campuran bubur magnesium hidroksida dan alumunium hidroksida). Dalam keadaan stress ada produksi asam di lambung. Untuk mengurangi asam, harus minum  obat maag karena magnesium hidroksida dapat bereaksi dengan asam lambung. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar